DARMARAJA – Pemkab Sumedang terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga dan melakukan pengkayaan terhadap habitat ikan di waduk. Masyarakat seputar Waduk Jatigede diharapkan bisa menikmati hasil ikan dari adanya perairan waduk. Salah satu upaya menjaga kelestarian ikan, Pemkab Sumedang menggandeng Kementrian Kelautan dan Perikanan RI untuk melakukan tebar benih secara kontinyu di perairan Waduk Jatigede.

 "Kami bekerjasama dengan Kementrian (KKP) juga pemprov (Jabar) untuk terus menebar benih ikan di perairan waduk. Dimana ini adalah upaya kami agar habitat ikan terus bertambah," ujar Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, usai melakukan tebar benih ikan di pesisir perairan waduk blok Cibungur, Kecamatan Darmaraja, Selasa (4/5/2021).

Dony mengatakan, pihaknya menargetkan sekitar 5 juta benih ikan untuk ditebar di perairan waduk. Namun pelaksanaan penebaran benih dilakukan secara bertahap.

"Saat ini baru sekitar 1 juta (benih ikan) berbagai jenis telah ditebar, termasuk ikan lokal khas Cimanuk. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat Jatigede," katanya. (agn)