DPP - Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman menyebutkan penebaran benih ikan di Waduk Jatigede merupakan program prioritas guna mendorong kekayaan ikan di wilayah perairan waduk.

Pihaknya mendapatkan benih dari UPT-UPT Perikanan Pusat yang berada di Subang dan Tasikmalaya. Pada tahun 2021 ini, Dinas Perikanan ditargetkan bisa menebar benih ikan sebanyak 5 juta ekor.

"Harapannya dengan adanya Waduk Jatigede diharapkan Sumedang menjadi sentra ikan termasuk pembibitan ikan, untuk itu kami akan siapkan konsepnya," kata Nandang, Selasa (5/5/2021).

Menurut Nandang, program tebar benih ikan merupakan langkah dinas untuk upaya pemenuhan kebutuhan ikan masyarakat terutama di Sumedang. Diharapkan masyarakat Sumedang bisa menikmati hasil ikan bahkan lebih jauhnya bisa memproduksi panganan berbasis bahan baku ikan.  Sementara, berkenaan dengan dilarangnya keramba jaring apung di perairan waduk, maka salah satu alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan ikan adalah dengan penebaran benih. Dengan penebaran benih yang kontinyu, nanti masyarakat bisa menikmati ikan dari Waduk Jatigede.

"Tentunya dengan melakukan penangkapan sesuai dengan ketentuan. Seperti dengan pancing dan jaring. Untuk penangkapan dengan jaring ada batasan -batasan tertentu. Yang penting tidak menangkap ikan dalam ukuran kecil," ujarnya. (agn)