TOMO - Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang menandatangani MoU tentang pengembangan potensi daerah, Jumat (11/6/2021). "Saya meneken MoU bersama Gubernur Jakarta Pak Anies Baswedan . Kolaborasi pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Jakarta dipasok produksi pangan dari Sumedang." kata Bupati Dony Ahmad Munir.
 
Penandatanganan MoU dilakukan di Gudang SRG (Sistem Resi Gudang), Desa Tolengas, Kecamatan Tomo disaksikan Gubernur Jabar Pak Ridwan Kamil. Usai penandatangan MoU dilakukan pengiriman perdana 30 ton beras Sumedang menuju Jakarta. Hasil panen petani Sumedang dipasarkan kepada BUMD Jakarta yaitu PT Tjipinang Food Station dan PD Pasar Jaya. "Jakarta bisa memastikan ketersediaan stok pangannya. Petani Sumedang memiliki pasar yang jelas dan dampaknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Dony.
 
Menurutnya, kerja sama ini sebagai implementasi strategi pemulihan ekonomi di saat pandemi Covid-19, ketahanan pangan harus diutamakan. "Kami juga mengunjungi pesawahan di Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo yang sedang panen raya. Sambil panen, Pak Anies disuguhi mangga Gedong Gincu yang rasanya manis campur asam nan segar. Semoga para petani Sumedang bisa lebih sejahtera dan masyarakat Jakarta pun bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau serta stabil," kata Bupati Dony.
 
Gubernur Anies Baswedan mengatakan, MoU ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerjasama daerah terutama di sektor pangan. "Ini ikhtiar kita bersama semata-mata, agar disatu sisi, para petani disini mendapakan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau." kata Anies.
 
Ia mengatakan, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, dikarenakan jumlah pasokan aman. "Ini adalah cara kami masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, namun manfaatnya kita rasakan. Semoga dengan kerja sama saat ini para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil, terima kasih pak Bupati dan para petani Sumedang," katanya. [drs]