JATINANGOR - Sebanyak 60 buruh yang merupakan karyawan PT Kahatek Jatinangor mengikuti kegiatan pelayanan KB jenis kontrasepsi implant dan IUD yang digelar di klinik perusahaan tersebut.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Sumedang M Lungsur Jungjunan mengatakan kegiatan ini digelar dalam memperingati hari Buruh dan juga Target Total Ferity Rate (TFR) Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan TK Jawa Barat yang dipusatkan di PT Kahatek Jatinangor, sementara itu pelayanan KB ini juga sama dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat di perusahaan yang ditunjuk," jelas Lungsur, Selasa (4/5/2021).

Ditambahkan, pelayanan KB ini dilakukan dalam upaya membantu para buruh untuk bisa masuk program KB khususnya Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan jenis kontrasepsi IUD dan Implant. Buruh mengaku leluasa mendapatkan pelayanan ini karena mendapatkan dispensasi libur.

Lebih lanjut dikatakan Lungsur bagi Kabupaten Sumedang tentunya menjadi kebanggaan kerena dijadikan tuan rumah pelayanan KB tingkat Jawa Barat dalam memperingati Hari Buruh.

Kegiatan pelayanan KB di PT Kahatek sendiri jelas dia langsung dihadiri Deputi KBKR BKKBN Pusat Eni Gustina, Kepala Perwakilan BKKBN Jabar Wahidin, Bupati Sumedang H Dony Shmad Munir dan jajaran pejabat Provinsi Jabar, pejabat BKKBN Jabar serta jajaran pejabat DPPKB Sumedang. (edk)