GEDUNG NEGARA - Wakil Bupati H Erwan Setiawan  beserta unsur Forkopimda mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di Daerah dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang dipimpin oleh  Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Senin (3/5/2021)

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian meminta agar para Kepala Daerah melarang warganya mudik Lebaran dan terus melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara massal sesuai dengan himbauan Presiden RI Joko Widodo.

"Ini dilakukan agar lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi di tanah air. Dalam sehari, kasus aktif Covid-19 di India menembus angka 350.000 orang," kata wabup selepas rakor di Gedung Negara.

Tito mengulangi apa yang disampaikan Presiden bahwa momentum libur panjang selalu membuat kasus Covid-19 di Indonesia melonjak signifikan. Apalagi saat ini, masyarakat banyak yang mulai mengabaikan protokol kesehatan.

"Saya berharap seluruh Kepala Daerah satu narasi yaitu melarang masyarakatnya mudik dan terus mensosialisasikan protokol kesehatan secara masif serta terus melakukan pengawasan," tegasnya.

Ditambahkan Wabup, menjelang Lebaran Pemkab Sumedang juga sudah menyiapkan 12 titik di daerah perbatasan Kabupaten Sumedang.

"Beberapa anggota akan dikerahkan di perbatasan. Kami juga akan menggelar Rapat Forkopimda bersama unsur terkait dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri nanti, " tambahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)