ANGKREK - Rabu (07/04/2021) Sekretaris Diskominfosanditik Kab. Sumedang (Drs. Kemal Idris.,MP.,S.SP) mengikuti Lokakarya Pemetaan Potensi Layanan IoT di Sektor Smart City dan Healtcare melalui Zoom Meeting di ruang kerja Sekretaris Diskominfosanditik Kab. Sumedang.  Kegiatan ini diselenggaarakan oleh Kementerian Kominfo melalui Dirjen Penyenggaraan Pos dan Informasi dengan diikuti oleh Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.
 
IoT adalah suatu infrastruktur global untuk informasi masyarakat yang memungkinkan kesinambungan layanan dengan adanya intrakoneksi (baik secara fisik maupun virtual) oleh suatu sensor berbasis pada perkembangan teknoklogi informasi dan komunikasi yang saling terkait. Penerapan Iot ini terjadi dari berbagai industri faktor seperti logistik, kesehatan. Tata kota, infastruktur dan industri otomotif yang dimana fungsi dari IoT ini sebagai data mainer, IoT akan mencari berbagai data dilapangan yang nantinya akan diolah menjadi yang lebih bermanfaat.
 
Kemeterian Kominfo mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan dengan baik atau tidak dan perlu dihadapi dengan unsur-unsur stekeholder yakni dunia usaha maupun masyarakat sebagaimana dimaksud Kementerian Kominfo perlu partisipasi dari pihak terkait untuk kolaborasi dari berbagai element, oleh Karena itu Kementerian Kominfo yang mengelola Layanan IoT agar dapat bersinergi dan meningkatkan jumlah layanan IoT di Indonesia salah satu program yang sedang dijalankan yaitu melakukan kajian dan design implementasi perkotaan industri jasa dalam mendukung IoT industri dimana tujuannya untuk menemukan potensi produk IoT yang akan lebih pesat kedepan serta modal bisnis penyediaan IoT yang cepat dan efektif dan pada proses kajian ini akan di fokuskan pada sektor Kesehatan, Smartcity, Transportasi, Logistik dan yang kedua akan menyusul pada sektor Algrikultur, Rekaman, Manouver, faktur energi dan Finansial, dengan demikian diharapkan dapat tercipta suatu kajian yang konferhensip dengan kolaborasi antara berbagai elemen antara Pemerintah dan pelaku industri sehingga dapat bersinergi dalam layanan IoT. (Diskomifosanditik)