SMKN 1 - Pemkab Sumedang sangat mendukung program tersebut dimana tujuannya untuk menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dan Pemerintah Desa.

"SMK harus jadi solusi permasalahan bangsa, karena menyelesaikan masalah bangsa dimulai dari desa,"kata Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, usai menghadiri acara Peluncuran Program SMK Membangun Desa, Kamis (8/4/2021).

Wabup berharap, program SMK Membangun Desa diharapkan dapat memberikan pengetahuan kewirausahaan serta mendorong tumbuhnya motivasi berwirausaha. Program juga mampu memberikan kontribusi positif terhadap laju pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di pedesaan dalam rangka meningkatkan daya saing daerah yang nantinya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan wabup, program SMK Membangun Desa yang digulirkan SMKN I Sumedang ini juga selaras dengan salah satu Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Desa Juara melalui program gerakan membangun desa (Gerbang Desa). Program SMK Membangun Desa bisa juga memberdayakan para lulusan SMK di Kabupaten Sumedang.

"SMK di Sumedang bisa menargetkan minimal mendampingi dua desa binaan sehinga setiap peserta didik dapat melaksanakan ujian praktik di desa lokasi kegiatan pedampingan," katanya. ( edk)