SMKN 1 - SMKN I Sumedang melouching kegiatan SMK membangun Desa, kegiatan yang dilaksanakan di kampus SMKN I Sumedang Kamis (8/4/2021) tersebut resmi dibuka Wagub Jabar UU Ruzhanul Ulum. Selain dihadiri Wagub kegiatan lounching juga dihaditi Wabup Sumedang Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman, Sekretaris Disdik Jabar dan perwakilan 64 Kades yang akan melakukan kerjasama program SMK membangun Desa.

Kepala SMKN I Sumedang Elis Herawati mengatakan SMK membangun Desa adalah program dari Kementrian Pendidikan Direktorat SMK Bidang Tata Kelola.

Dalam pelaksanaam program.ini lanjut Elis, sekolah menawarkan kerjasama kepada pihak desa terkait berbagai kompetensi yang ada di sekolah dengan sasaran utama desa desa yang terjangkau oleh sekolah.

"Jadi kami di sini pihak sekolah memerintahkan kepada guru guru untuk bisa komunikasi dengan pemerintah desa dimana mereka tinggal dan menawarkan kerjasama berupa pelatihan pelatihan kepada para pemuda di desa bersangkutan khususnya terkait kompetensi yang dimiliki SMKN I Sumedang," kata Elis.

Elis menjelaskan, sedikitnya ada 10 kompetensi yang ada di SMKN I Sumedang yang bisa diajarkan bagi para pemuda di desa antaralain pengelasan, penyusunan RAB Bangunan, Telivisi Audio Video, seni karawitan, Rekayasa Perangkat Lunak ((RPL) dan yang lainnya. Untuk lokasi pelatihan lanjut Elis kalau desa tersebut memiliki peralatannya bisa di lakukan di desa bersangkutan, kalaupun tidak ada peralatan bisa dilakukan di SMKN I Sumedang dan siap dengan tenaga pengajarnya.Melalui program jni lanjut Elis nantinya diharapkan  para pemuda ini tidak akan melakukan urban ke kota dan mereka lebih senang tinggal di desa karena telah memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri. (edk).