SUMEDANG - Kamis, (10/06/2021) Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat merupakan upaya Perpustakaan Nasional RI dalam memfasilitasi ruang dialog antara Dinas Perpustakaan Stakeholder Pegiat Literasi dan masyarakat untuk menyatukan persepsi bahwa penguatan ekosistem literasi merupakan faktor esensial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, oleh karenanya Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan menyelenggarakan kegiatan Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten Sumedang, dengan tema "Penguatan Peran Sisi Hulu Budaya Baca guna Meningkatkan Literasi Masyarakat Indonesia".
 
Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) hadir untuk membuka sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, bertempat di Gedung HES YPSA UNSAP Sumedang.
 
Turut hadir Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang beserta jajaran, Narasumber lainnya dari Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI (Drs. Deni Kurniadi, M.Hum), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang (H. Ilmawan Muhammad, S.Ag) dan dari Pegiat Literasi (secara virtual). Kegiatan ini pun dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Sumedang (Hj. Susi Gantini, S.Si) dan di pandu oleh Moderator Lia Sylvia Dewi selaku Duta Baca Jawa Barat serta terbuka untuk umum melalui aplikasi Zoom dengan kuota 5.000 peserta, juga dapat disaksikan secara langsung di kanal YouTube PAPPBB Perpusnas RI.
 
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa salah satu cara menciptakan kualitas SDM yang unggul yaitu harus gemar dan memiliki budaya membaca (literasi). "Membaca adalah jendela pengetahuan yang akan membuka cakrawala dan wawasan berpikir kita. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan indeks literasi khususnya di Sumedang," ungkapnya. (Diskominfosanditik)