SUMEDANG - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memantau langsung penerapan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah objek wisata pada libur lebaran, Minggu (16/5/2021). Lokasi yang dikunjungi bupati adalah Samalengoh Camp Gunung Datar di Kecamatan Tanjungkerta dna Kawasan Wisata Mata Air Sirah Cipelang Desa Cipamekar di Kecamatan Conggeang. Selanjutnya, monitoring dilanjutkan ke wisata Tanjung Duriat Bendungan Jatigede.

Menurut Dony, kehadirannya di objek wisata  bertujuan untuk memastikan Prokes berjalan dengan baik di tiap destinasi wisata sehingga tidak muncul klaster baru di kawasan pariwisata,

"Kami juga telah membuat SP bagi tiap SKPD untuk bertanggung jawab mengawasi satu atau dua tempat wisata dibantu oleh Satgas internal tempat wisata," ujarnya.

Ditambahkan Bupati, dari setiap destinasi yang dikunjungi, aturan pengunjung 30 persen dari kapasitasnya rata-rata sudah dilaksanakan. Bupati juga meminta untuk terus dilaksanakan woro-woro tentang Pokes di tiap tempat wisata.

Sementara itu dari beberapa tempat wisata yang dikunjungi, menurut Bupati Tanjung Duriat menjadi yang terbaik dalam menjalankan Prokes.

"Saya sangat mengapresiasi Tanjung Duriat yang telah menerapkan Prokes dengan disiplin dengan mengecek suhu pada saat datang kemudian diperiksa Swab antigen, disediakan Tim Satgas seperti Puskesmas. Ini tentunya menjadi hal yang baik sehingga tidak menambah klaster baru penularan Covid 19," tambahnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)