WANAJAYA - Dusun Bobos, Desa Wanajaya diproyeksikan akan menjadi kampung paling sejahtera di Kecamatan Surian. Meskipun berada di wilayah yang jauh dari perkotaan, Dusun Bobos kini telah mencanangkan menjadi Kampung Keluarga Berencana Sarasa (Sehat, Agamis, Ramah, Aman, Sejahtera, Amanah). Sejumlah program dan inovasi untuk peningkatan kesejahteraan telah dilakukan warga. 

Kades Wanajaya, Erwan Riswanto menyebutkan, pada prinsipnya setelah pencanangan Kampung KB, masyarakat Dusun Bobos dengan jumlah penduduk 621 jiwa bisa mewujudkan program keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan 8 fungsi Keluarga. "Dari program Kampung KB, hasilnya bisa membatu keluarga lebih bahagia dan sejahtera terbebas dari kemiskinan,kebodohan,dan keterbelakangan. Inilah yang sedang kami upayakan," ujar Erwan, Rabu (21/4/2021).

Erwan menggambarkan, Kampung KB Sarasa Dusun Bobos menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh lintas sektor di masyarakat. Sehingga Dusun Bobos diharapakan berbeda dengan dusun yang lainnya dalam percepatan pembangunan kesejahteraan. Dengan adanya Kampung KB, kata Erwan, selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Sehingga program ini melibatkan semua sektor pembangunan, bukan saja berbicara soal membatasi lonjakan penduduk tapi bisa memperdayakan potensi masyarakat berperan nyata dalam pembangunan. "Satu bukti nyata, perekonomian di Dusun Bobos bisa terdongkrak. Pemberdayaan ekonomi home industri berdampak pada pendapatan keluarga meningkat," ucapnya.

Kini, tambah Erwan, inovasi di masyarakat Kampung KB terus dikembangkan, diantaranya di sektor pertanian dengan melakukan budidaya komoditas vaneli, olahan jeruk dan makananan ringan hasil dari home industri yang dibawah binaan KWT (Kelompok Wanita Tani) Kampung KB Sarasa. Adapun berbagai pembangunan dan pelayanan juga dilakukan seperti pembuatan gapura, mural, pembuatan akta, KK, KTP secara gratis langsung cetak ditempat. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)