CIHERANG - Gapura Selamat Datang Sumedang di Jalan Raya Bandung Cirebon di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan kini sedang dilakukan pembangunan. Tugu Selamat Datang Sumedang di Ciherang ini sebelumnya dinilai tidak futuristik, tidak bernilai seni, bahkan terkesan seadanya, dan tidak menggambarkan Sumedang sebagai kota seni dan budaya. "Tugu selamat datang yang ada di Ciherang ini pintu masuk Sumedang. Yang dulu sempat agak viral berita terkait gapura ini, sekarang sedang kami perbaiki," kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, saat meninjau langsung proses pembangunan gapura, Rabu (21/4/2021).

Dikatakan bupati, pembangunan gapura selamat datang ini merupakan perpaduan antara budaya dan teknologi. Saat malam hari, bagian atas gapura yang terbuat dari kaca akan menyala dengan menyajikan gambar yang berbeda-beda. "Kalau malam di bagian atas gapura akan menyala seperti ada hologram, dengan gambar yang berbeda beda, seperti penari jaipong, kuda renggong, mahkota binokasih dan lainnya," ucapnya.

Dony menuturkan, pembangunan gapura selamat datang ini dananya bukan dari APBD, melainkan bersumber dari CSR BJB. "Doakan mudah-mudahan cepat selesai dan dapat diterima oleh semua pihak, artistiknya dan sebagainya," kata bupati. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)